-->

Dari UNIDA Gontor Saya Mengenal Bank Muamalat Indonesia; #AyoHijrah Menuju Kebaikan



Hijrah. Sebuah kata yang memiliki spektrum makna yang tidak terbatas. Kalian tahu mengapa?. Sebab kata ini telah menjadi bagian dari ajaran Islam itu sendiri. Kata Nabi Muhammad Saw: "Al-Muhajir man hajara ma naha Allah anhu", (HR. Bukhari hadist no. 6484). Artinya "Orang yang berhjrah adalah orang yang menahan dirinya dari semua perkara yang diharamkan Allah Swt". Hijrah adalah memilih yang baik dari yang jelek, atau memilih yang terbaik dari yang baik.

Tentunya hijrah bisa dilakukan dari segala lini kehidupan, sebab Islam mengatur segala hal dalam kehidupan umat Islam, terutama dalam soal pengelolaan harta dan uang. Sebab seorang muslim yang mengelola hartanya secara halal maka manfaatnya bukan dirasakan diri sendiri, tetapi juga keluarga dan masyarakat sekitar. Kata seorang sahabat; "Keberkahan dimana-mana, kebaikan kemana-mana jika kau kelola uangmu secara syariat". Kata sahabat itu juga, salah satu caranya adalah memakai dan menyimpan uangmu di bank syariat. Tentunya ini juga adalah bentuk dari hijrah yang disabdakan nabi. 

Dalam perjalananku, hijrah ke bank syariah tidak terlepas dari "bantuan" UNIDA Gontor. Dari universitas ini saya mengenal lebih dekat dengan bank Muamalat. Bank syariah pertama di Indonesia. Ingin tahu bagaimana perjalan hijrahku ke bank muamalat?, Oke!.

Mengenal Bank Muamalat Dari UNIDA Gontor

Tahun 2015 adalah tahun dimana saya memutuskan UNIDA Gontor sebagai tempat berlabuh dalam dunia akademika kampus.  Sebuah universitas dimana sistemnya memadukan perguruan tinggi dan kultur pesantren. Alasannya? tentu ada pada nama belakang kampus ini. Gontor. Siapa yang tidak mengenalnya?. Sebuah pesantren yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Lulusannya banyak menjadi tokoh-tokoh besar di negeri Indonesia. Bermula dari universitas milik pesantren Gontor ini saya pun berkenalan dan menggunakan bank Muamalat.

Tidak hanya saya, tetapi juga hampir semua mahasiswa menggunakannya. Sebab pembayaran Daftar ulang, asrama, uang makan bisa dilakukan melalui transfer ke bank muamalat. Para orang tua dan mahasiswa tentunya lebih banyak memakai opsi ini karena lebih efisien dan mudah. Para mahasiswa tinggal menunjukkan bukti transfernya kepada staf keuangan kampus agar input data pembayaran segera diperbaharui. Selain itu UNIDA Gontor telah banyak menjalin kerjasama dengan bank Muamalat, dan yang paling penting adalah kerjasama MoA antara Fakultas Ekonomi dan Menejemen UNIDA Gontor dengan Muamalat Institute. Lembaga pendidikan dan pengembangan perbankan syariah yang didirikan oleh bank Muamalat. Kerjasama ini memiliki goals mini bank di UNIDA Gontor dengan menggunakan aplikasi perbankan dari bank Muamalat. Sehingga teman-teman mahasiswa, khususnya dari prodi ekonomi syariah dapat belajar secara mandiri tentang bentuk dan sistem kerja di perbankan syariah.


Bermula dari situ saya kemudian sering mengunjungi bank Muamalat Ponorogo. Ternyata dari situ pula saya mulai mulai banyak mendapatkan informasi mengenai program-programnya.
Waktu itu, untungnya saya memiliki banyak teman-teman dari jurusan ekonomi Islam. Sehingga dari mereka saya banyak dapat belajar tentang bank syariah. Khususnya mengenai maslahat menggunakan bank syariah, pengelolaan perbankan syariah, prospek perbankan syariah di Indonesia, dan banyak ilmu lainnya. Dari situ pula, saya lebih mengenal bank Muamalat. Sebab mereka biasanya menjadikan bank Muamalat sebagai patokan perbankan syariah di Indonesia.

Mengapa Memilih Bank Muamalat?

Hampir 4 tahun saya di UNIDA, selama itu pula saya bertransaksi dengan bank Muamalat. Selama itu juga bank Muamalat membantu saya untuk keperluan kuliah dan asrama. Mungkin karena jangka waktu yang lama, lama-lama saya mulai menyukainya. Sebab dari "kunjungan-kunjungan" saya ke bank Muamalat, banyak sekali informasi mengenai pencapaian dan program-programnya. Program terbaru yang dikenalkannya adalah #AyoHijrah. Program #AyoHijrah ini mengajak masyarakat menjadi pribadi yang lebih baik. Jika kalian masih ragu, saya berikan 4 alasan mengapa harus memilih program #AyoHijrah di bank Muamalat Indonesia:


  • Penggagasnya Adalah Para Ulama dan Cendekiawan Muslim
Salah satu yang membuat saya terkesima dengan bank Muamalat adalah para perintisnya. Bank Muamalat ternyata digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). MUI sendiri adalah lembaga yang dikelola oleh para ulama dan ahli agama dari seluruh organisasi keislamanan di Indonesia. Sepak terjangnya dalam mengawal masyarakat muslim Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Sedangkan ICMI adalah sebuah organisasi yang salah satu penggagasnya adalah eyang Habibi, mantan presiden RI ke-3 dan juga salah satu ilmuan Indonesia yang diakui dunia.
  • Prestasi Yang Melimpah
Alasan kedua karena bank Muamalat adalah bank syariah pertama di Indonesia dengan umurnya yang mencapai 27 tahun. Tentunya dengan umur segitu pengalaman "asam-pahit"-nya membangun perbankan syariah sangatlah banyak. Tak ayal jika penghargaannya pun tidak terbilang jumlahnya. Baru-baru ini bank Muamalat mendapatkan penghargaan peringkat 1 Satisfaction and Loyalty anf engagement award, Golden Award Corsec and Corcomm (kategori bank publik), dan Anugerah Syariah Republika 2018 (kategori The fastest Growing Incom Syariah Bank). Dalam skala internasional, bank Muamalat juga mendapatkan penghargaan Global Finance Award dari IMF sebagai institusi finansial terbaik di Indonesia dalam acara World Bank Annual Meeting. Jika dihitung award yang dimiliki bank Muamalat lebih dari 120 penghargaan, baik dalam skala nasional maupun internasional.
  • Dikelola Secara Syar'i dan Memberi Maslahat Bagi Umat
Pengelolaan yang dilakukan bank Muamalat memang telah diakui oleh lembaga-lembaga syariah di Indonesia, misalnya oleh Dewan Syariah Nasional di Indonesia. Terlebih pengelolaan bank Muamalat memberikan maslahat yang amat besar bagi masyarakat Indonesia. Contohnya saja, dengan hadirnya program #AyoHijrah  bank muamalat berencana membangun ekosistem yang sehat bagi perbankan syariah dan industri halal di Indonesia.
  • layanan Yang Inovatif, edukatif dan Islami
Layanan yang diberikan bank Muamalat terbilang sangat inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Contohnya dalam gerakan #AyoHijrah bank Muamalat mempunyai 7 program terbaru: Tabungan iB Hijrah, Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah, Tabungan iB Hijrah Rencana, Tabungan iB Hijrah Prima, Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah, Deposito iB Hijrah, dan Giro iB Hijrah. Semua program ini dan program yang lain tentunya bisa diakses dengan fasilitas yang cukup lengkap, baik itu dari mobile banking, internet banking muamalat, dan jaringan ATM maupun cabang di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Tidak hanya itu, layanan program #AyoHijrah ini juga memiliki nilai edukatif dan islami bagi para nasabah. Misalnya pengadaan kegiatan-kegiatan keislaman seperti seminar perbankan syariah, open booth di tempat pusat kegiatan masyarakat, kajian-kajian islam dari para ulama yang kredibel serta pemberdayaan masjid agar lebih berguna, khususnya sebagai agen mensosialisasikan perbankan syariah. 

Nah, itulah kisahku bersama bank Muamalat Indonesia. Apakah kalian terinspirasi?, jika iya maka perkenankan saya mengajak kalian untuk ikut berhijrah ke bank Muamalat Indonesia. Jadilah partner bank Muamalat untuk mengajak masyarakat melakukan perubahan ke gaya hidup yang lebih indah, lebih baik, dan lebih syar'i. Sebab Islam adalah gaya hidup. Sebab Islam adalah way of life untuk seluruh manusia di muka bumi. Bersama bank Muamalat Indonesia hidup menjadi lebih berkah! kita menjadi lebih berguna!

Oh ya, ada yang lupa. Jika kalian benar-benar tertarik kalian bisa mendapatkan informasi lebih seputar program #AyoHijrah dengan cara mengklik tulisan ini. Semoga bermanfaat!  

Click to comment