-->

5 Alasan Pelaku UKM Harus Memakai Software Akuntansi




Halo, sahabat pembaca! Memulai sebuah bisnis adalah salah satu cara kita menghidupi keluarga. Dimana salah satunya bisa dengan membangun usaha kecil menengah (UKM). Kelompok usaha ini adalah yang terbesar di Indonesia. Sebab dari segi peminat, pelaku usaha ini telah menyumbang 60% dalam produksi barang dan jasa di Indonesia.

Namun sayangnya, banyak sekali pelaku UKM yang tidak mengerti tentang pentingnya akuntansi pada bisnisnya. Oleh sebab itu, tidak jarang UKM yang telah susah payah dibangun tiba-tiba terpuruk dan hampir mengalami kebangkrutan. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan penjelasan tentang pentingnya akuntasi pada bisnis model UKM.

Pentingnya Pembukuan Akuntansi Pada UKM




Sebelum beranjak pada pokok pembahasan, kamu perlu tahu akan pentingnya pembukuan akuntansi pada UKM. Sebab tidak jarang, para pelaku UKM asal-asalan dalam mencatat keuangannya. Hal ini terjadi karena mereka tidak begitu paham tentang manfaat akuntansi dalam usahanya.
Beberapa alasan mengapa akuntansi mempunyai peranan yang begitu penting pada kelompok UKM adalah sebagai berikut:

  • Memberikan Informasi yang Jelas Mengenai Keuangan UKM
Akuntansi adalah kegiatan mengolah dan menyajikan data guna membuat laporankeuangan usaha. Informasi yang jelas dan tersusun ini tentu sangat dibutuhkan oleh para pelaku UKM. Sebab dengan data keuangan yang akurat, anda bisa mengetahui kondisi UKM yang anda miliki.

  • Menjadi Alat yang Berguna untuk Mengatur Keuangan Usaha
Dengan akuntansi yang baik, UKM yang anda bangun dapat diketahui kinerjanya. Apakah ada peningkatan setiap tahunnya atau malah berkurang. Dengan begitu, anda bisa mengevaluasi serta mengatur keuangan UKM tersebut lebih baik lagi.

  • Bisa Digunakan Sebagai Acuan Pengembilan Keputusan
Dengan data akuntansi yang jelas, anda bisa mengambil keputusan deri setiap transaksi atau apapun yang telah terjadi di UKM. Misalnya ketika kuangan UKM anda berada pada kondisi yang tidak stabil, apa tindakan yang harus diambil?. Anda bisa menjadikan data akuntansi tersebut sebagai acuan mengambil keputusan yang bagus.

Akuntansi Manual vs Software Akuntansi?

Setelah anda mengetahui pentingnya sebuah pembukuan keuangan, mari kita beranjak tentang jenis pembukuannya. Secara garis besar, sistem pembukuan ada 2 jenis; manual dan modern. Pembukuan atau akuntansi yang dilakukan secara manual biasanya menggunakan buku, kalkulator dan alat tulis. Ada juga yang memakai perangkat Excel dengan menghafal rumus-rumusnya.

Mungkin saja anda hanya mengenal pembukuan melalui cara tradisional ini. Padahal di zaman sekarang, sebenarnya sudah ada cara yang lebih fleksibel dan efisien. Tentunya dengan tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi daripada sistem akuntansi manual. Ya, apalagi kalau bukan menggunakan aplikasi software akuntansi.

Mengapa UKM Perlu Menggunakan Software Akuntansi?




Oke, barangkali anda tertarik mengetahui, mengapa pelaku UKM perlu beralih menggunakan cara modern dalam hal Akuntansinya. Terlebih sebagian besar dari mereka bahkan tidak tahu tentang software ini. Biar lebih jelas, Mari simak beberapa alasan berikut ini!

  • Pelaku UKM Tidak Tahu Membuat Akuntansi
Yang paling jamak ditemukan dikalangan pelaku UKM adalah ketidak tahuannya tentang akuntansi dan cara pembuatanya. Oleh karena itu, memakai aplikasi software akuntasi adalah solusinya. Sebab data yang anda input secara otomatis akan diolah oleh sistem yang terkomputerisasi.

  • Pelaku UKM Tidak Memiliki Banyak Waktu
Mereka juga seringkali mengeluh tentang banyaknya waktu yang diperlukan. Sebab jika menggunakan cara manual, proses penulisan/ pengetikan akan sangat lama belum lagi dengan penghitungannya. Hal ini tidak akan terjadi, jika anda menggunakan software akuntansi. Misalnya seperti pencatatan penjualan, barang, dan Rekaman transaksi yang bisa dilakukan secara bersamaan.

  • Pelaku UKM Sering Lupa Memproyeksikan Hutang-Piutangnya
Misalnya, semua invoice dan tagihan pelanggan yang jatuh tempo luput untuk dikalkulasikan dengan tagihan yang harus anda bayarkan. Hal ini tentu menjadi kendala serius bagi para pelaku UKM. Untungnya dengan menggunakan software Akuntansi memiliki fitur yang dapat memproyeksikan kas UKM. Dengan begitu, anda bisa meminimalisir segala resiko yang akan terjadi.


  • Pelaku UKM Sering Keliru Mencatat
Diantara kesalahan fatal yang sering dilakukan pelaku UKM adalah kekeliruannya ketika mencatat dan menghitung. Sebaliknya, kesalahan seperti ini sangat jarang ditemukan pada software akuntansi. Sebab sistemnya yang telah terkomputerisasi dengan baik dapat meminimalisir kesalahan penulisan dan penghitungan.

  • Pelaku UKM Sering Kehilangan Buku Akuntansinya
Terkahir adalah alasan yang paling berbahaya. Jika anda bandingkan resiko antara pembukuan manual dan yang terkomputerisasi, tentu yang paling baik adalah yang kedua. Sebab, dengan memakai cara kedua, kehilangan bisa diatasi dengan penyimpanan data secara online di internet.

Mencari Software Akuntansi Terbaik

Sekarang beranjak pada brand software akuntasi. Anda pastinya kebingungan memilih software akuntansi terbaik untuk bisnis UKM-nya. Saran pertama dari saya, Jangan mudah terkecoh dengan harga yang ditawarkan. Sebaiknya periksa juga fitur-fitur yang disediakan.

Kedua, perhatikan juga keamanan data, biaya tambahan dan harganya. Jangan sampai, software yang anda pilih justru merugikan dan tidak sesuai dengan yang dianggarkan. Agar tidak susah mengeceknya satu-persatu, anda bisa menggunakan jasa accurate.id.

Accurate.id Adalah Pilihan Terbaik



Mengapa accurate.id yang jadi rekomendasi? Tentu ini pertanyaan pertama yang akan anda lontarkan. Baiklah, saya akan memberikan beberapa alasan mengapa perlu memakai jasa accurate.id untuk bisnis UKM anda.

Pertama, accurate.id memudahkan anda menyusun laporan keuanganhttps://accurate.id/ UKM dengan sangat efisien. Mulai dari laba, rugi, arus kas, hutang-piutang dan lain sebagainya.


Kedua, accurate.id dapat mengontrol keuangan anda dengan sangat baik tanpa perlu pemonitoran secara manual. Apalagi, setiap pelanggan, penghutang, tagihan pada bisnis anda bisa diawasi dengan sangat mudah.



Ketiga, accurate.id menawarkan fitur yang sangat lengkap, sesuai kebutuhan dan tentunya sistem pengelolaan datanya yang profesional.

Keempat, dibuat oleh anak bangsa. Sehingga dengan menggunakan software ini turut berkontribusi pada pendapatan negara.



Bagaimana? Tertarik menyusun akuntansi bisnis UKM anda menggunakan accurate.id? jika iya, silahkan klik tombol ini untuk berpindah ke website resmi accurate.id. selamat mencoba dan semoga semakin sukses bisnis UKM anda!

Click to comment