-->

6 Langkah Membangun Bisnis dari Website



Apakah kalian adalah seorang pelaku bisnis?, atau kalian sedang merencanakan untuk membangun bisnis?. Jika benar, maka tentulah kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya sematang mungkin. perencanaan, langkah dan strategi pemasaran haruslah kalian bangun mulai sekarang dan sedini mungkin. Diantaranya yang terpenting adalah membangun website bisnisnya. Ya, selain karena jangkauan target pasarnya yang luas, website juga memudahkan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya, menghemat waktu dan biaya pengeluaran, serta sebagai alat komunikasi dengan pelanggan yang paling efisien.



Di era sekarang, membangun usaha/ bisnis tanpa website bagaikan seorang petarung tanpa pedang. Dihadapannya musuh telah mempersiapkan berbagai macam senjatanya. Persaingan bisnis tidak saja terjadi di dunia nyata, tetapi juga dunia maya. Oleh sebab itu, sebuah bisnis yang tidak dipromosikan melalui website biasanya memiliki penghasilan yang berjalan stagnan atau bahkan mati (baca; bangkrut) ditengah jalan. Maka membangun website hampir bisa diartikan sebagai suatu kewajiban bagi para pelaku bisnis. Dengan begitu, mereka siap bertanding dan unjuk kebolehan di arena luas yang bernama internet. Lalu apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk membangun website bisnisnya?. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Menentukan Perangkat Lunak Yang akan Digunakan




Seorang chef pasti akan menentukan bahan baku apa yang akan dia pakai untuk membuat hidangannya. Begitu juga dengan bisnis online, pelaku bisnis hendaknya memilih dan menentukan perangkat lunak yang akan dia gunakan untuk membangun websitenya. Ada banyak sekali perangkat lunak yang dapat digunakan, diantaranya adalah Adobe SiteMill, Lotus FastSite, Claris HomePage dan Microsoft FrontPage. Semua perangkat lunak tersebut relatif lebih mudah dan sederhana.

Selain itu, jangan lupa melihat aspek sulit dan tidak pemeliharaannya. Maka hendaknya carilah yang banyak tersedia di pasar, user-friendly dan asli.

2. Menguasai Perangkat Lunak 




Jika telah selesai menentukan jenis perangkat lunaknya, maka fase selanjutnya adalah menguasai cara operasionalnya. Jika tidak bisa, maka pengoperasiannya bisa dibantu dengan fitur bantuan (help) yang biasanya telah disediakan oleh perangkat lunak tersebut. Bahkan sekarang perangkat lunak biasanya menyertakan perangkat lunak tutorial sebagai pembelajaran otodidak.

3. Menguasai Desain Grafis




Sebuah website yang indah dan "menghibur" pengunjung tentunya akan banyak mendapat nilai plus dimata konsumen dan pengunjung. Oleh sebab itu menguasai skill desain grafis menjadi sangat penting setelah perangkat lunak. 

4. Merancang Sketsa Website




Jika langkah-langkah diatas telah dilakukan dengan baik, maka selanjutnya adalah pembuatan cetak biru untuk website yang akan dibangun. Sketsanya harus jelas dan terstruktur dengan baik. Dengan begitu akan memudahkan ketika membangun navigasi dan manajemen proyek pembangunan website.

5. Membangun Halaman Web


Selanjutnya adalah mulai membangun halaman websitenya dengan mengacu pada cetak biru yang telah dibuat. Terkadang ketika membangun halaman website ada inovasi/improvisasi yang baru diluar sketsa awal website. Hal ini tidak masalah selagi tidak berbeda dari konsep awalnya.

6. Memperhatikan Aspek Kontrol dan Auditabilitas


Jika halaman website telah jadi, maka diperlukan kontroling yang sungguh-sungguh. Sebab, sebagaimana telah lumrah diketahui, sistem komputer yang berbasis internet memiliki potensi resiko yang relatif besar. Sehingga perlu adanya kontrol secara terus-menerus untuk mengantisipasi terjadi resiko tersebut. 


Nah, bagi kalian yang tidak memiliki skill/ kemampuan membuat websitenya sendiri tidak perlu berkecil hati. Sebab ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan website. Salah satunya adalah Grapiku, sebuah jasa pembuatan website berkualitas. Layanan pembuatan website ini telah banyak menerima permintaan pembuatan website. Pengalaman serta profesionalitasnya tidak bisa diragukan lagi.

Sebuah website harus mencitrakan brand, membawa dampak positif bagi perusahaan. Website yang baik tidak hanya dari segi tampilan, tetapi yang mampu bersaing dan mendatangkan pelanggan ~Grapiku

Nilai plus dari jasa pembuatan website Grapiku adalah seluruh designnya memiliki jiwa dan karakter yang kuat dan mempresentasikan brand dan produk bisnis pemakai jasanya. Selain itu, sistem proteksinya yang kuat juga mampu meminimalisir penyusupan dari hacker. Ini pula yang membedakan Grapiku dengan jasa pembuatan website lainnya, dimana mereka biasanya hanya mementingkan aspek designnya tanpa memaksimalkan sistem proteksinya. Grapiku mampu menghadirkan keduanya. Bahkan design-design Grapiku juga mampu meningkatkan nilai konversi penjualan produk bisnis. Sebab, setiap website yang dirancang Grapiku telah diriset secara mendalam dan terukur.

Selain itu para pemakai jasanya juga mendapatkan keuntungan lainnya jika mempercayakan pembangunan websitenya kepada Grapiku. Diantaranya adalah: biaya murah dan terjangkau oleh semua pelaku bisnis, optimasi database yang mengakselarasikan proses loading , pandungan pengelolaan yang lengkap dan mudah dipahami, dan customer service yang siap melayani konsultasi dan bantuan selama 24/7.

Tunggu apa lagi, "Ayo, mulailah membangun website bisnis kalian bersama Grapiku dari sekarang.!". 

Click to comment