-->

3 Hal yang Patut Anda Sadari di Era Revolusi Digital





Era teknologi modern bisa ditandai dengan revolusi Perancis di tahun 80-an. Pada waktu itu, masyarakat Eropa masih menggunakan teknologi tenaga uap, batu bara dan kuda untuk membantu aktifitas mereka. Seperti yang kita tahu, teknologi sejatinya diciptakan demi tujuan mempermudah manusia. Lambat laun teknologi berkembang dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Dari yang menggunakan tenaga uap berubah menjadi bahan bakar dan sekarang sedang menyongsong energi terbarukan. Dari yang sekedar ilmu teoritik (teknologi hanya berada di isi kepala ilmuwan) menjadi suatu perangkat yang aplikatif.
The science of today is the technology of tomorrow (Edward Teller)
Perkembangan teknologi dari suatu era ke era lainnya itu kemudian diklasifikasi oleh Thomas L Friedman. Olehnya evolusi teknologi dibagi menjadi 3 bagian: globalisasi 1.0 (era teknologi awal), globalisasi 2.0 dan globalisasi 3.0. Era globalisasi 1.0 dan 2.0 telah lama selesai, hari ini umat manusia telah memasuki tahapan terakhir. Sebuah era teknologi yang dikenal dengan revolusi digital. Dimana kehidupan dunia seperti sebuah rumah kecil atau bahkan lebih kecil rumah. Umat manusia seakan mampu menciptakan "mukjizat"-nya sendiri. Mereka mampu berinteraksi dan mendapatkan informasi dari masyarakat belahan dunia lainnya. Mereka membeli, menjual, bekerja dan bepergian hanya menggunakan jari-jarinya. Tidak ada sekat dan batas. Dunia seakan telah tunduk pada manusia.

Era revolusi digital ini memang sangat berbeda dari era sebelumnya. Ada masyarakat-masyarakat baru. Ada realitas baru. Sekaligus ada tantangan-tantangan baru. Dengan begitu, ada yang perlu dipersiapkan untuk hidup di era ini. Masyarakat yang tidak bisa mengidentifikasi masanya akan hancur dengan sendirinya. Berikut 3 hal yang perlu disadari di era revolusi digital:


Masyarakat yang tidak bisa mengidentifikasi masanya akan hancur dengan sendirinya. 
1. Kebutuhan yang Tinggi Pada Internet

Internet adalah ciri paling khas di era revolusi digital. Bagaimana tidak, hampir setiap orang pasti pernah berinteraksi dengan internet. Baik untuk tugas kerja,  mencari informasi dan kebutuhan hidup. Di zaman ini orang yang tidak menggunakan internet hampir bisa dipastikan tertinggal dan jauh hidup layak. Tidak bisa dipungkiri, realitas dunia sekarang tidak dapat dilepaskan dari internet. Dengan internet kalian bisa menjelajah ke belahan dunia yang sangat jauh. Dengan internet pula kalian bisa memperbaiki keuangan, pendidikan, keluarga, dan bahkan masa depan. 

Berbicara mengenai internet dan informasi, rasanya tidak asik jika tidak mengenalkan Androbuntu. Sebuah situs yang memuat berbagai artikel mengenai perangkat dan sistem program komputer. Meskipun sebenarnya website ini tidak melulu menulis seputar komputer. Tetapi juga memuat tulisan seputar android dan smartphone. Selain itu, artikel didalamnya terbilang masih fressh karena setiap hari selalu diperbarui. Disini juga terdapat berita seputar teknologi yang dapat menemai waktu luang kalian. Sekedar review awal, situs ini dikelola oleh 5 orang (4 pria dan 1 wanita). Founder Androbuntu sendiri dipegang oleh Loki Fadilah, Fadlah Akbar dan Ismail bin Mail sebagai conten writter, Yus Yulianto sebagai editor, dan Hannah al-Rasyid sebagai social media specialist.


Klik gambar ini untuk masuk ke situs Androbuntu

Jika dilihat tampilan beranda Androbuntu tidak jauh berbeda dengan media elektronik lainnya. Dibagian Menu atas ada 4 tab yang sesuai dengan klasifikasi artikel-artikelnya. 4 tab itu adalah

  1. Berita: Berisi artikel seputar harga smartphone terbaru, review perangkat smartphone dan perangkat elektronik lainnya, seperti drone, laptop dan aksesoris perangkat elektronik. 
  2. Tips dan Trik: terbagi menjadi 5 sub tab, yaitu: Android, Internet, Linux, macOS, dan windows. Secara garis besar, tab ini memuat informasi tips dan trik menggunakan sistem program dari 5 konten tersebut.
  3. Aplikasi dan Game: terbagi menjadi 4 sub tab, yaitu: Android, MacOS, Linux dan Windows.
Seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya, kelebihan Androbuntu terletak di artikelnya yang selalu update. Setiap hari Androbuntu selalu memposting artikel terbarunya. Tentu ini adalah kabar baik bagi kalian yang selalu mengikuti perkembangan teknologi. Kelebihan lainnya  tim redaktur Androbuntu juga menerima tulisan dari citizen journalismBagi kalian yang memiliki passion dalam tulis-menulis kesempatan ini dapat dicoba. Hitung-hitung untuk mengasah keterampilan menulis. 

2. Lingkungan Kerja dan Pendidikan yang Lekat Dengan Perangkat Komputer/Laptop


Komputer sebagai salah satu elektronik untuk menyimpan data sudah menjadi barang wajib di era revolusi digital. Hampir setiap institusi atau lembaga di seluruh dunia menggunakannya. Tidak jarang lembaga-lembaga tersebut mensyarakatkan anggotanya lihai dan ahli mengoperasikan komputer. Apalagi didalam institusi pendidikan, semisal kampus komputer dan sejenisnya menjadi barang yang wajib digunakan untuk tugas mahasiswa dan dosen. Bahkan di beberapa lembaga pendidikan baik swasta atau negeri pengenalan teknologi komputer sudah diberikan semenjak SD. Oleh karena itu, kalian yang hidup di era ini harus memiliki keterampilan menggunakan komputer. Demi masa depan yang lebih baik. Hal ini bisa dimulai dengan mengikuti kursus komputer atau secara otodidak. 

Di situs Androbuntu sendiri artikel mengenai komputer dan laptop banyak sekali. Situs ini bisa menjadi referensi sekunder jika kalian ingin belajar komputer. Kalian juga bisa belajar segala hal seputar program dan aplikasi laptop/komputer. Baik dari tingkat pemula maupun yang sudah profesional. Untuk informasi seputar tips dan trik mengoperasikan komputer/laptop bisa dilihat di subtab: Linux, MacOS, dan Windows. Sayangnya tips dan trik ini tidak memuat video tutorial didalam artikelnya. Padahal sebagian orang ada yang lebih nyaman dengan melihat video dari pada membaca. Apalagi jika pembahasannya mengenai teknologi yang sifatnya aplikatif (terapan). Meskipun saya juga memaklumi, karena Androbuntu sendiri belum memiliki akun youtube. Akan lebih baik jika Redaktur memiliki akun youtube yang kemudian ditautkan di artikel-artikelnya. Tentu tidak disemua artikel, tetapi dibeberapa artikel yang dianggap perlu diberikan video tutorial. Misalnya video cara mengoperasikan linux, windows dan MacOC di akhir artikel. Selain itu pihak redaktur juga mendapatkan keuntungan ganda dari jumlah viewer di website dan youtube. 

Baca Androbuntu- Pengertian Komputer Serta Fungsi dan Sejarahnya (Lengkap)



3. Smartphone Sebagai Benda Wajib

Era revolusi digital juga sangat lekat dengan smartphone. Hampir setiap orang memiliki yang namanya smartphone. Benda satu ini telah menjadi kebutuhan "primer" bagi setiap manusia yang hidup di zaman sekarang. Selain karena kemudahan, efisiensi waktu, dan fleksibelitas, smartphone juga sangat membantu pekerjaan manusia. Bahkan kegunaan smartphone sendiri hampir menyaingi komputer. Aplikasi dan program sistem yang terdapat di komputer juga terdapat di smartphone. Bahkan tidak jarang, tugas ata pekerjaan yang biasanya dikerjakan dengan komputer/laptop sekarang bisa dikerjakan dengan smartphone. Oleh karena itu, kalian yang masih awam dengan "dunia" smartphone haruslah sering-sering mencari informasi.

Di Androbuntu sendiri  artikel seputar Smartphone khususnya yang berjenis android ada banyak sekali. Disana kalian bisa mendapatkan informasi seputar harga, spesifikasi, tips dan trik menggunakan aplikasi di smartphone. Untuk informasi spek dan harga kalian dapat temukan di tab Berita. Sayangnya untuk informasi mengenai Apple dan IPhone masih sangat sedikit. Mungkin karena dari awal androbuntu hanya menfokuskan tulisan-tulisannya pada Android dan Ubuntu. 

Tidak terasa tulisan saya sudah lumayan banyak. Saya cukupkan sampai disini saja. Selebihnya kalian bisa langsung mengunjungi websitenya disini. Untuk mengikuti sosial media Androbuntu kalian bisa mengklik disini (untuk Instagram) dan disini (untuk Fanpagenya)


Semoga bermanfaat...

Click to comment